Furnitur yang berasal dari kayu jati memang eksklusif, karenanya harus dirawat dengan benar supaya selalu nampak baru dan bersih. Cara membersihkan perabot kayu jati pun tidak boleh sembrono dan sembarangan.

Bukan asal gosok dengan menggunakan peralatan seadanya. Hal ini bisa menurunkan tampilan mewah dari furnitur perabot kayu jati Anda. Proses pembersihan furnitur kayu jati harus ekstra hati-hati supaya tidak merusak permukaannya.

Tapi meskipun demikian, pada dasarnya perabot kayu jati bukanlah perabot yang sulit dibersihkan dan dirawat. Perawatan dan pembersihan ini dilakukan supaya tampilan furnitur ini selalu bagus dan nampak baru.

BERSIHKAN SETIAP HARI FURNITURE IDAMAN ANDA

Kayu jati memiliki karakter dan struktur kayu yang kuat, oleh sebab itu semua furnitur yang terbuat dari bahan ini pasti awet dan kokoh. Dengan perawatan dan pembersihan yang tepat, furnitur kayu jati akan selalu nampak baru dan menarik meski usianya sudah bertahun-tahun.

Orang yang tidak pernah melihatnya pasti akan berpikir bahwa perabot tersebut masih baru. Berikut ini adalah cara membersihkan perabot kayu jati yang benar dari noda dan kotoran yang mungkin menempel di permukaannya. Diantaranya adalah :

1. Kain Halus untuk Membersihkan Debu

Debu memang bukan hal yang baru dalam kehidupan kita. Meskipun hari ini sudah dibersihkan, debu akan tetap menempel lagi di permukaan semua perabot rumah tangga.

Cara yang tepat untuk membersihkan perabot kayu jati dari tempelan debu adalah dengan menggunakan kain atau kemoceng berbahan halus. Usap permukaan perabot dengan hati-hati supaya tidak menggoresnya.

2. Abu Gosok atau Pasta Gigi untuk Noda Air Membandel

Ada kalanya perabot kayu jati terkena tumpahan air berwarna. Noda air ini melekat dan sulit untuk dihilangkan. Ada dua cara membersihkan perabot kayu jati dari noda air membandel.

Cara pertama menggunakan pasta gigi yang sudah dicampur dengan air. Gosokkan campuran pasta gigi pada bagian furnitur yang bernoda. Jika dirasa belum mampu mengangkat noda, gunakan gabus.

Cara kedua yaitu menggunakan abu gosok. Campurkan abu gosok dengan minyak goreng untuk menggosok noda air. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menggores permukaan perabot.

3. Abu Gosok untuk Noda Putih

Perabot kayu jati bisa juga terkena noda putih yang berasal dari benda lain. Noda putih ini akannampak lebih terang mengingat permukaan perabot kayu jati yang berwarna coklat.

Untuk menghilangkan noda putih yang mengganggu ini, Anda bisa menggunakan campuran abu gosok dengan minyak goreng. Caranya sama persis dengan cara membersihkan perabot kayu jati dari noda air berwarna di atas.

4. Hair Dryer untuk Bekas Lilin

Tidak jarang kita menyalakan lilin dan meletakkannya di atas perabot kayu jati. Meskipun sudah diberi alas supaya lelehan lilin tidak meluber ke perabot, hal ini tidak selalu bisa dicegah. Tapi Anda tidak perlu khawatir.

Lelehan lilin di perabot selalu bisa dibersihkan dengan baik tanpa harus menggores dan merusak permukaannya. Yang pasti, jangan gunakan benda tajam untuk mengeruk lelehan lilin seperti pisau atau garpu.

Cara membersihkan perabot kayu jati darilelehan lilin ini adalah dengan menggunakan hair dryer. Panaskan hair dryer terlebih dahulu kemudian arahkan pada sisa lelehan lilin. Usap lelehan yang mencair dengan kain halus hingga permukaan perabot kembali bersih.

5. Minyak Kayu Putih untuk Sisa Sticker

Kadangkala, anak-anak bermain sticker dan menempelkannya di tempat yang mereka kehendaki. Perabot kayu jati bisa jadi salah satu sasarannya. Untuk itu, Anda tidak perlu panik.

Biarkan saja mereka menempelkan sticker sesuka hati. Benda ini cukup mudah dihilangkan jika Anda tahu cara membersihkannya dari sticker dengan benar. Gunakan minyak kayu putih untuk membuang sticker yang menempel.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak ke seluruh permukaan sticker yang ditempelkan. Gosok dengan halus dan perlahan supaya noda sticker bisa terangkat.

Itulah cara membersihkan perabot kayu jati dengan baik dan benar saat terkena noda dan kotoran membandel. Setiap noda memiliki cara tersendiri dalam pembersihannya supaya permukaan perabot bisa kembali bersih dan mengkilap.

Cara Merawat Perabot Kayu Jati Agar Selalu Nampak Mengkilap

Setelah mengetahui cara membersihkan furnitur kayu jati dari noda dan kotoran membandel, Anda juga harus tahu bagaimana cara perawatannya. Perabot berbahan kayu jati membutuhkan perawatan supaya selalu nampak baru dan mengkilap.

Dengan perawatan ini, perabot  kayu jati Anda juga akan awet dan panjang usia. Berikut ini adalah cara membersihkan perabot kayu jati serta merawatnya denganbenar supaya permukaannya selalu nampak baru dan mengkilap. Diantaranya adalah:

1. Menggunakan Minyak Kemiri

Kemiri adalah salah satu bahan dapur yang dapat memproduksi minyak essensial. Minyak ini biasanya dimanfaatkan untuk menumbuhkan dan memperkuat rambut karena kandungan nutrisi baik di dalamnya. Namun tahukah Anda bahwa minyak kemiri juga sangat baik untuk merawat perabot kayu jati.

Cara memanfaatkan bahan ini adalah dengan membakarnya. Saat dibakar, kemiri akan menghasilkan minyaknya. Setelah itu, Anda bisa membungkus dengan kain kasa dan menumbuknya hingga hancur untuk mengumpulkan minyaknya. Gosoklah perabot kayu jati dengan minyak kemiri tersebut dan Anda akan takjub melihat perabot itu kembali seperti baru.

2. Menggunakan Sisa Teh

Jangan buang sisa seduhan teh Anda kemarin! Sisa teh ini bisa dimanfaatkan sebagai cara membersihkan perabot kayu dari debu dan mengembalikan kilau alaminya.

Celupkan kain halus pada sisa teh dan gosokkan perlahan pada permukaan perabot kayu jati. Biarkan sisa teh mengering dengan sendirinya. Warna perabot kayu jati Anda akan berubah dari kusam menjadi berkilau alami.

3. Tepung Sagu

Siapa bilang tepung sagu atau kanji hanya bisa digunakan untuk memasak? Tepung ini ternyata juga berkhasiat untuk membersihkan dan merawat permukaan perabot kayu jati.

Cara membersihkan perabot kayu jati dengan menggunakan tepung sagu adalah dengan menaburkannya ke permukaan perabot. Gosok perlahan dengan kain halus dan dapatkan kembali kilau alami dari kayu jatinya.

4. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Cara membersihkan dan mengembalikan kilau perabot dengan aman adalah menggunakan cairan pembersih yang secara khusus diformulasikan untuk perabot.

Jika sulit menemukan cairan pembersih khusus, Anda bisa mencoba menggunakan semir sepatu warna netral. Oleskan semir sepatu pada permukaan perabot dan gosok dengan kain halus. Permukaan perabot Anda akan kembali kinclong dan halus.

Usia dan keawetan perabot berbahan kayu jati dapat dipengaruhi oleh bagaimana pemilik merawat dan memperlakukannya. Jika cara membersihkan perabot kayu jati ini benar dan tepat, bukan tidak mungkin usia perabot bisa mencapai puluhan tahun. Pada kesimpulannya, perawatan perabot kayu jati sangat mudah dilakukan.

Selalu ada banyak cara mengembalikan kilau alami dari kayu jati. Bagaimana? Tertarik untuk memiliki salah satu perabotnya? Yuk segera temukan furnitur kayu jati favorit Anda hanya di dekorasirumahjati.com. Disini, Anda akan menemukan banyak sekali model dan desain perabot berbahan kayu jati berkualitas. Pilih furnitur yang sesuai selera dan desain rumah Anda!

DEKOMU.COM TOKO ONLINE FURNITURE TERPERCAYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

The maximum upload file size: 64 MB. You can upload: image, audio, video, document, spreadsheet, interactive, other. Links to YouTube, Facebook, Twitter and other services inserted in the comment text will be automatically embedded.