Meskipun namanya terlihat mirip yaitu kayu jati dan kayu jati belanda, namun kedua kayu ini memiliki kualitas yang berbeda. Intip beda kayu jati dan kayu jati belanda berikut ini supaya Anda tidak salah memilih furnitur yang diinginkan.

Kayu jati dan kayu jati belanda sama-sama merupakan bahan dasar furnitur yang cukup populer. Keduanya disukai karena motif yang indah dan keseluruhan penampilan yang menarik. Walau demikian, dua jenis kayu ini sangat jauh berbeda mulai dari kualitas, struktur kayu hingga harganya. Karena itu, Anda wajib tahu perbedaannya agar tidak keliru memilih perabot.

Beda Kayu Jati dan Kayu Jati Belanda yang Perlu Anda Tahu

Yang perlu ditekankan, kayu jati belanda bukanlah spesies dari kayu jati seperti yang Anda bayangkan. Kayu jati belanda sebenarnya adalah nama lain dari kayu pinus atau pinewood. Kayu ini mendapat predikat belanda karena sering dipergunakan untuk proses eksport import terutama sebagai kayu kemas atau palet.

Habitant leo

Masyarakat jaman dahulu menganalogikan eksport import ke luar negeri dengan istilah “Belanda”. Itulah awalnya, kayu ini disebut dengan kayu jati belanda.Sambil membahasbeda kayu jati dan kayu jati belanda lebih jauh, mari kita mengenal karakteristik kayu jati belanda terlebih dahulu.

Tentang kayu jati asli, pasti Anda sudah mengetahui secara garis besarnya. Berikut ini adalah ciri dan karakter kayu jati belanda, diantaranya adalah:

1. Karakter Khas

Kayu jati belanda memiliki motif serat yang khas dan menarik. Anda mungkin sudah tidak asing jika melihat penampakannya secara langsung. Kayu jati belanda yang disebut juga dengan kayu palet, banyak digunakan sebagai ornamen di cafe atau resto.

Biasanya, kayu ini digunakan sebagai penutup dinding, meja kursi cafe, hiasan dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan motif serat kayu jati belanda yang menonjol dan memiliki keunikan tersendiri.

Dalam hal keunikan, tidak banyak beda kayu jati dan kayu jati belanda. Keduanya sama-sama menarik. Serat kayunya sangat halus dan alami. Guratan alur dan mata kayunya memiliki bentuk yang khas.

Selain itu, kayu ini mudah dibentuk dan dihaluskan untuk mendapatkan permukaan yang rata. Kayu jati belanda berwarna cerah yaitu kuning muda atau krem. Warna inilah yang menjadi daya tarik utama kayu jati belanda.

sociosqu himenaeos litora fames habitant suscipit tempus scelerisque ridiculus mi ullamcorper per ridiculus proin condimentum.

2. Bobot Ringan

Beda kayu jati dan kayu jati belanda yang paling utama adalah dari bobot kayunya. Kayu jati asli memiliki bobot yang cukup berat. Semakin tua usia pohonnya, maka semakin besar bobot kayunya.

Hal ini sangat berbeda dengan kayu jati belanda. Jati belanda memiliki bobot yang cukup ringan. Inilah mengapa kayu jati belanda banyak dipergunakan untuk membuat furnitur sederhana.

Kayu jati belanda banyak digunakan untuk furnitur ringan seperti kursi kafe, meja sudut dan hiasan bertemakan kayu.  Furnitur kayu jati belanda cukup ringan sehingga mudah untuk dipindahkan atau digeser. Selain itu, tipikal kayu jati belanda adalah kuat terhadap benturan jadi furniturnya pun akan cukup kuat.

3. Daya Tahan

Daya tahan kayu jati belanda cukup baik, karenanya kayu ini dipergunakan sebagai kayu kemas atau palet. Jati belanda tahan terhadap benturan yang keras dan tidak mudah rusak. Namun kekuatan jati belanda tidak bisa dibandingkan dengan kekuatan jati asli. Apalagi sebagai bahan furnitur.

Meskipun terbilang jenis kayu yang tidak mudah patah, jati belanda tidak terlalu bagus untuk dijadikan bahan furnitur apalagi dalam jangka panjang. Permukaan kayu mudah berubah warna meskipun sudah dipoles dengan cat finishing.

Itulah mengapa pengguna furnitur jati belanda harus memberikan perawatan ekstra jika ingin perabot mereka awet. Inilah salah satu beda kayu jati dan kayu jati belanda yang paling utama.

Selain itu, kayu jati belanda juga bukan jenis kayu yang tahan serangga dan rayap. Kayu ini cukup empuk untuk dijadikan makanan predator kayu tersebut. Tingkat kelunakan kayu ini memudahkan rayap dan serangga untuk menyerangnya.

Inilah mengapa furnitur berbahan kayu jati belanda adalah furnitur sederhana yang tidak dimaksud untuk penggunaan dalam waktu lama.Kayu jati belanda juga bukan jenis kayu yang tahan lembab.

Kayu ini memiliki banyak pori-pori yang bisa menyerap air. Tingginya kadar air bisa mempercepat pembusukan kayu jati belanda. Itulah mengapa, furnitur jati belanda sangat tidak cocok untuk diletakkan di luar ruangan karena khawatir terkena hujan.

Sangat jauh dengan kayu jati asli yang tidak terpengaruh cuaca baik panas ataupun dingin. Hal ini juga yang menjadi beda kayu jati dan kayu jati belanda.

Cras consectetur

4. Kekuatan

Sebagai material baku pembuatan furnitur, kayu jati belanda memang tidak dititik beratkan pada kekuatannya. Masyarakat menyukai furnitur dari kayu jati belanda hanya karena keunikan serat dan bobotnya yang ringan.

Dalam hal kekuatan, kayu jati belanda terbilang kurang. Kayu ini tidak sekuat kayu jati asli yang bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Beda kayu jati dan kayu jati belanda memang paling signifikan adalah dalam hal kekuatannya.

Kayu jati asli memiliki bobot yang berat serta kekuatan yang solid. Sedangkan kayu jati belanda memiliki bobot ringan dengan kekuatan terbatas. Kedua kayu ini memiliki kelebihan masing-masing yang menjadi daya tariknya.

5. Warna Kayu

Seperti disebutkan sebelumnya, kayu jati belanda memiliki warna yang terang seperti kuning muda dan krem. Warna ini jauh lebih terang jika dibandingkan kayu jati asli yang berwarna coklat kemerahan.

Furnitur yang menggunakan kayu jati belanda biasanya menggunakan finishing warna natural untuk menunjukkan pesona seratnya. Namun ada juga yang menggunakan finishing coklat supaya menyerupai warna perabot kayu jati asli.

Namun, bagi Anda yang sudah memahami beda kayu jati dan kayu jati belanda, pasti mudah menangkap perbedaannya.

6. Harga Kayu

Sudah bukan rahasia lagi, beda kayu jati dan kayu jati belanda yang paling mendasar adalah dari segi harganya. Jika dibandingkan, harga kedua kayu ini bisa 1 banding 10. Memang bukan hal yang mengherankan, dari banyak sisi, kedua kayu ini cukup jauh berbeda.

Akan tetapi meskipun demikian, kedua jenis kayu ini memiliki peminat masing-masing. Ada yang suka pada kayu jati belanda, dan banyak yang jatuh cinta pada furnitur kayu jati asli.

Itulah beberapa beda kayu jati dan kayu jati belanda yang perlu Anda ketahui. Anda harus memahami perbedaan mendasar kedua jenis kayu ini supaya tidak salah memilih hanya karena namanya yang nampak mirip.

Jika Anda mencari furnitur kayu jati asli, tempatnya hanya di dekorasirumahjati.com. Disini, Anda tidak perlu lagi harus memilih karena semua mebelnya terbuat dari kayu jati asli. Dekorasirumahjati.com menyediakan berbagai macam pilihan furnitur untuk rumah Anda.

Mulai dari kursi tamu, tempat tidur, meja makan, kitchen set, meja kerja dan lain sebagainya. Semua furnitur tersedia dengan lengkap mulai dari ukuran, desain dan pilihan warnanya. Yuk, dapatkan furnitur jati impian Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

The maximum upload file size: 64 MB. You can upload: image, audio, video, document, spreadsheet, interactive, other. Links to YouTube, Facebook, Twitter and other services inserted in the comment text will be automatically embedded.